//
you're reading...
Dance, Uncategorized

Contemporary Dance Workshop bersama Leine-Roebana Dance Company

Pengalaman yang sangat berharga saat aku mendapat kesempatan ikut serta dalam workshop tari kontemporer yang diadakan Leine-Roebana Dance Company yang berasal dari Belanda pada 10 Febuary 2012 di Gedung Teater Komunitas Seni Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tehnik Kontemporer yang mereka ajarkan pun memiliki perbedaan dari kebanyakan kontemporer yang aku lihat di internet. Roebana alias Harijono Roebana, salah satu pendiri komunitas dan sekolah tari Leine-Roebanna ini menegaskan padaku bahwa yang menjadi titik utama dari tarian kontemporer mereka bukan pada ekspresi diri, melainkan bagaimana memaksimalkan sebuah gerakan yang bisa dihasilkan oleh anggota tubuh manusia. Mulai dari kepala, tangan, jari, pinggul, kaki, dan badan. Dan akupun akhirnya menyimpulkan bahwa Kontemporer ala Leine-Roebana itu UNIK!!

Roebana yang merupakan blasteran Indonesia – Belanda ini begitu jatuh cinta melihat sebuah konsep tari jawa yang di lihatnya di Yogyakarta (Indonesia) sehingga lahirnya ide sebuah tarian kontemporer berjudul “Ghost Track”.

Konsep Ghost Track yang aku pelajari sendiri selain mempelajari tehnik kontemporer tarian “Cakil” yang merupakan tarian Jawa klasik yang terinspirasi dari Pencak Silat, juga mempelajari bagaimana kita mengerti akan tubuh kita sendiri dan berusaha menciptakan sebuah bentuk lingkaran menggunakan seluruh anggota tubuh kita (kepala, tangan, jari, siku, bahu, pinggul, kaki) dimana masing-masing bagian tubuh atau anggota tubuh memiliki peranan tersendiri dalam menciptakan sebuah gerakan. Dalam bahasa yang paling mudah adalah : membuat masing-masing bagian tubuh bergerak sendiri-sendiri dan terpisah (tapi sambung menyambung seperti marathon), seperti Frankenstain <— aku kutip dari ucapan Roebana saat aku melalukan interview singkat dengannya selepas workshop.

Yang paling unik dan aku suka dari konsep tarian “Ghost Track” yang diciptakan adalah musiknya. Mereka menggunakan alat musik Gamelan Jawa!!! Bayangkan aku yang tidak terbiasa mendengarkan alunan musik gamelan harus benar-benar bergerak mengalir mengikuti alunan musiknya… Wah… Berat!!!😀

Aku tahu, jenis tarian yang di ajarkan bukanlah Bellydance. Tapi justru ilmu yang telah aku dapat dari workshop ini mampu memberikan aku inspirasi baru dalam menciptakan sebuah koreografi.

Yup, bagi aku pada dasarnya semua tarian itu sama, hanya aplikasinya saja yang berbeda. Makanya aku akan mempelajari tarian apapun selama aku bisa ikut belajar dan mempelajari untuk lebih mengembangkan inspirasiku di dalam menciptakan koreografi tarian Bellydance. Minimal inspirasinya sudah ku tuangkan kedalam sebuah koreografi Oriental Fusion Bellydance untuk kelas Oriental Fusion di komunitas Tribal Babes Indonesia🙂

Pengalaman berharga yang membuatku bertambah kaya akan ilmu…

– Desi –
Tribal Babes Indonesia

About Tribal Babes Indonesia

We are the First and Pioneer of Tribal Bellydance Troupe (and community) in Indonesia. We are also the pioneer of Tribal Bellydance event in Indonesia

Diskusi

2 thoughts on “Contemporary Dance Workshop bersama Leine-Roebana Dance Company

  1. Thanks for sharing, it truly is a really informative publish and very helpful for some kind of businesses like mine. I like when I’m looking the world wide web and i come across a site with valuable points like this. Thanks lots for the research, We’ve noted a number of them here so I can use them in a future. Kudos for you and keep up the good blogging perform.

    Posted by Tellervo Warelius | 28 Mei 2012, 10:07 pm
    • Hi Tellervo, thank you for your sweet comment. It’s my pleasure sharing everything i learn to others🙂
      Thank you for reading my blog and give your comment🙂
      ***Sorry, i didn’t notice that your comment went to SPAM box and i just checked today😦

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 10 Juni 2012, 2:55 am

Drop Your Tribal Comment Here

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

VISITOR

free counters

Statistik Blog

  • 57,150 hits

Facebook

Ocehan

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 180 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: