//
you're reading...
bellydance, Dance, Raqs Sharqi, tribal bellydance, tribal bellydance

Mari Belajar Belly Dance Dengan “Sebenarnya”

Desi - Saat memberikan Tribal Fusion Drum Solo Workshop di Bandung

Desi – Saat memberikan Tribal Fusion Drum Solo Workshop di Bandung

Awalnya aku tidak terpikir untuk menulis tema ini, tapi setelah 4 kali mengajar di sebuah Workshop Bellydance sepertinya aku harus mulai berbagi. Bukan saja berbagi mengenai pengalaman aku mengajar bellydance di workshop tapi juga beberapa tehnik yang menjadi inti utama untuk dapat menari bellydance.

Aku disini tidak akan mengangkat tema Tribal Bellydance, tapi hanya Bellydance pada umumnya. Mungkin bisa di bilang agak sedikit mengangkat tema yang berbau Oriental Bellydance atau Raqs Sharqi. Karena bagaimanapun beberapa gerakan-gerakan tehnik bellydance yang umum dipakai dalam Tribal Fusion Bellydance itupun mengambil dari Raqs Sharqi.

4 workshop yang pernah aku berikan memiliki tema yang berbeda-beda, yakni : Tribal “Beat” Bellydance (Jakarta – Mei 2011), Oriental Fusion (Balikpapan, kalimantan – Febuari 2012), Oriental Drum Solo (Pangkalan Bun, Kalimantan – Maret 2012), dan Tribal Fusion Drum Solo (Bandung – Juni 2012). Dari ke empat-empatnya aku selalu menemukan hal yang sama, yakni gerakan-gerakan tehnik bellydance yang masih “bernuansa” Dangdut!

Maaf nih aku sampai menyebut Dangdut karena apa yang (mungkin) mereka pahami selama ini gerakan-gerakan di bellydance mirip (atau mungkin berpikir sama) dengan gerakan-gerakan goyangan Dangdut, terlebih banyak di antara mereka adalah para instruktur-intruktur senam yang sebagian dari mereka (kalau boleh aku bilang) nekat mengajar bellydance di sanggar/studionya tanpa memiliki dasar tehnik bellydance yang seharusnya.

#SARAN : Jika kamu seorang instruktur (senam olahraga atau instruktur apapun yang tidak ada kaitannya dengan bellydance), tidak pernah memiliki pengalaman dalam dunia bellydance, tidak memahami tehnik yang baik, tidak mengenal tehnik maupun istilah bellydance, tidak pernah mengikuti kelas bellydance (atau hanya beberapa kali mengikuti – yang aku pribadi menganggapnya sebagai “Si Pencuri Ilmu” yang hanya bisa mencuri tanpa tahu dan mengerti apa yang dia curi), tidak pernah tahu atau mencari tahu tentang sejarah bellydance dan apa itu bellydance, tidak pernah mau belajar dengan siapapun (mengandalkan VCD, DVD, dan Video Bellydance yang ada di dunia maya) dan kamu tidak memiliki dasar-dasar ataupun hal yang paling mendasar untuk menjadi seorang instruktur bellydance (yang menurut aku wajib dimiliki sebagai seorang instruktur bellydance), maka tiga kata yang aku harus sampaikan untuk kamu : STOP MENGAJAR BELLYDANCE!!

Aku menulis seperti itu bukan bermaksud sombong atau mengatur… Aku pribadi sampai detik ini masih terus belajar dan belajar dan tidak pernah berhenti menambah wawasanku mengenai tehnik dan dunia bellydance dengan orang-orang yang aku anggap mampu mengajari dan membimbing aku untuk menjadi lebih baik di setiap saat (baik sebagai instruktur maupun sebagai penari). Tapi semua terserah kamu-kamu semua… yang ada dipikiranku jika kamu masuk dalam kategori yang ada di #SARAN tapi kamu tetap nekat mengajar… “Aku kasihan kepada orang-orang yang menjadi murid kalian”😦

Pernah terpikir tidak kenapa ada murid-murid yang belajar bellydance ditempat-tempat tertentu malah berakhir dengan sakit dan nyeri pinggang yang serius? <—aku kepikiran sama salah seorang peserta workshopku yang mengaku sudah mengajar di kelas bellydance mengajukan pertanyaan seperti ini :
"Katanya kalau sedang berlatih tehnik dan jika sampai terasa sakit berarti gerakannya benar ya? Harus terasa sampai sakit baru bisa benar gerakannya, begitu kan?"

HAAAHHHH???? Huhuhuhuuuu….😦

Hmmmmm….. intinya…. Aku cuma berharap kamu-kamu mau lebih memperdalam lagi pengetahuan dan tehnik bellydance-nya hingga kamu benar-benar matang dan siap untuk membimbing seorang murid untuk belajar…

Jika kamu memang berniat untuk belajar dan menambah wawasan kamu didunia bellydance (baik itu berupa tehnik mamupun pengetahuan tentang bellydance), aku akan dengan senang hati berbagi apa yang aku tahu…
#Mohon koreksinya jika kamu menemukan kesalahan dalam tulisanku dibawah plus Referensi berdasarkan apa dan siapa atas koreksiannya – Hey, aku senang kok belajar dan mendapat nasehat yang bermanfaat🙂

—————————————

MENGENAL GERAKAN-GERAKAN DASAR BELLY DANCE

Sebelum berbagi aku hanya ingin mengingatkan bahwa kalian bisa melihat informasi-informasi lengkap tentang bellydance di Wikipedia (cek di Google ya)

– Postur –
Ini adalah hal yang PALING UTAMA yang harus diketahui jika ingin belajar bellydance, yakni postur berdiri yang benar. Kaki posisi tertutup (tidak terlalu rapat). Lutut ditekuk sedikit (dan tidak tegak lurus apalagi di kunci). Perut bagian bawah – Pelvis (lower pelvic) masuk atau di kunci. Pinggul belakang bawah turun (TIDAK menungging). Dada diangkat (seperti membusungkan dada sehingga perut terlihat panjang). Kedua bahu berada diposisi belakang (angkat – tarik kebelakang- turun – rileks). Jika kamu bingung dengan bentuk postur ini sebaiknya bertanya kepada instruktur yang berpengalaman dan jangan mengira-ngira.

– Gerakan Inti –
Gerakan-gerakan yang paling mendasar namun juga paling sering digunakan dalam tarian bellydance diantaranya : Snake Arm, Shimmy Shoulder, Hip Drop, Shimmy Hip, Hip twist, Hip Circle (Omi) dan Body Wave.
1. Snake Arm : Gerakan tangan seperti ular mengayun lembut dan saling terhubung antara kedua lengan
2. Shimmy Shoulder : Gerakan menggetarkan kedua bahu (maju-mundur) secara bergantian (bahu kanan-kiri) dengan tempo cepat
3. Hip Drop : Gerakan pada pinggul (naik-turun) sambil "meremaskan" otot diatas pinggul dengan sedikit bantuan dari pergerakan lutut (maju-mundur)
4. Hip Twist : Gerakan pinggul ke arah samping (kanan-kiri) secara bergantian dengan tempo cepat
5. Hip Circle (Omi) : Gerakan pada pinggul yang membentuk lingkaran kecil (yang sering disalah artikan sebagai gerakan "mengulek" layaknya goyang ngebor penyanyi dangdut Inul)
6. Body Wave : Gerakan seperti gelombang dari bagian atas (dada) hingga berakhir di bagian perut bawah – Pelvis (lower pelvic) – yang juga sering disalah artikan sebagai gerakan meliuk-liuk sensual ala penari striptease

#CATATAN : Jika kamu bingung membayangkan bentuk gerakan-gerakan dari 6 tehnik yang dijabarkan di atas, mohon bertanya langsung (dan melihat langsung gerakannya) kepada instruktur yang berpengalaman didalam dunia bellydance dan faham sekaligus menguasai tehnik bellydance.

Sebenarnya masih banyak gerakan-gerakan dasar yang menjadi gerakan inti dalam tarian bellydance, tapi dengan terlebih dahulu menguasai 6 tehnik di atas maka akan membuat kamu (minimal) bisa menari dengan tarian bellydance yang paling mudah yang ada didalam bayangan kamu. #Dan bukan berarti kamu juga langsung di anggap mampu untuk mengajar saat itu juga loh…

Hal terakhir yang ingin aku sampaikan disini : Jangan pernah berhenti untuk belajar dan jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah kamu miliki (ilmu dan tehnik). Karena dunia terus berkembang, manusia terus berkembang, seorang murid pun akan terus berkembang, sebuah tarian apapun juga ikut berkembang. Terus belajar untuk berkembang atau kamu akan di tendang😀

Dibawah ini aku share potongan klip video yang aku buat bersama teman-teman Tribal Babes Indonesia, yang mana klip tersebut aku ambil hanya bagian-bagian yang sekiranya bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membaca webblog ini.

#Kritikan yang membangun akan aku terima dengan tangan terbuka🙂

Selamat Berlatih dan Belajar🙂

– Desi –
Tribal Babes Indonesia

About Tribal Babes Indonesia

We are the First and Pioneer of Tribal Bellydance Troupe (and community) in Indonesia. We are also the pioneer of Tribal Bellydance event in Indonesia

Diskusi

31 thoughts on “Mari Belajar Belly Dance Dengan “Sebenarnya”

  1. mbak..buka kelas belly gak? dimana? biayanya berapa? saya tertarik..terima kasih🙂

    Posted by jessica | 2 Desember 2012, 10:25 pm
    • Hi Jessica, terima kasih untuk komennya
      Kami membuka kelas Bellydance utk style : Bellydance (Oriental) Fusion class dan Tribal Fusion Class.
      Untuk desember ini kelas kami sedang libur krn persiapan festival tahunan, dan akan aktif kembali secara normal pada tanggal 8 januari 2013 (selasa).

      Lokasi kami sekarang Di
      Sekolah tari Sumber Cipta
      Jl. Pondok Pinang Raya No.1
      (dulu Jl. Ciputat Raya No.1)
      Depan Kantor Pajak Jakarta Selatan
      tlp. 08551122131

      Untuk biayanya :
      Pendaftaran Rp.100.000,-
      Bellydance Fusion Rp.350.000/bulan (4 x sebulan)
      Tribal Fusion Rp.400.000/bulan (4x sebulan)

      Dan kami juga akan membuka kelas baru di kawasan Cipete, Jakarta Selatan (detail menyusul)

      Terima Kasih🙂

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 3 Desember 2012, 8:00 am
      • mbak desi..selain di jaksel daerah jaktim atau jakpus ada gak..lumayan jauh sih mbak..

        oiya..4x sebulan itu jadwalnya jam brp ya mbak?

        krn saya kerja saya bisanya setelah magrib..kalo sabtu minggu ada juga gak?

        lalu yg harus saya persiapkan untuk ijut kelas belly apa aja mbak?

        makasih ya mbak desi🙂

        Posted by jessica | 3 Desember 2012, 1:36 pm
      • Kita sekarang ini baru ada di Jakarta Selatan aja🙂
        Kita ada 3 kelas terpisah :
        Bellydance Fusion : Selasa 11.30 – 12.30
        Tribal Fusion : Rabu 17.00 – 18.00
        Bellydance Fusion Night Class : Rabu 18.30 – 19.30

        Kita tidak ada kelas sabtu – minggu🙂
        Tidak ada persyaratan khusus utk ikut kelas bellydance di tempat kita, yang penting dalam kondisi sehat dan pakai baju yg nyaman utk ikut berlatih. Itu aja🙂

        Posted by Tribal Babes Indonesia | 3 Desember 2012, 1:55 pm
      • oke deh mbak..berarti saya coba yg night aja..

        makasih ya mbak desi atas infonyaa..🙂

        Posted by jessica | 3 Desember 2012, 5:56 pm
    • @Jessica :

      Sekolah Tari Sumber Cipta
      Jl. Raya Pondok Pinang No.1
      Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
      tlp. 021-7659467 / 08551122131

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 25 Februari 2013, 9:49 am
  2. di wilayah jawa timur ada ga,,mkasih..

    Posted by indah fita | 18 Desember 2012, 9:13 am
  3. maaf mba mau tanya tau tempat belly dance di bdg ga? makasih ya mba

    Posted by kautsar | 18 Februari 2013, 3:01 am
  4. salam kenal Sis ….
    klo boleh kau manfaat dari senam ini itu apa ya….. dan Apakah sis tau baju senam online yg menyediakan baju senam Belly Dance ?
    tolong infonya ya Sissssss……….”

    Posted by cintaaerobik | 13 Juli 2013, 9:23 am
    • Hi sis, manfaat dari bellydance sebenarnya banyak, tapi terkadang tergantung dari orang yang mempelajarinya, apa goal dia dalam belajar bellydance. Ingin kurus, ingin fun saja, ingin jadi penari pro, atau sekedar cari keringat. Goal (tujuan) + komitmen akan memberikan hasil dan manfaat apapun yang menjadi tujuan utama. baju senam bellydance? Coba check di facebook akun2 dibawah ini :
      – Syania Belly Dance Costume
      – Intan Belly Dance Use
      – Bellydance Closet

      Atau Ke Pasar Pagi Mangga Dua, lantai 2, Blok B. Toko Bellydance Paulina.

      Goodk Luck!🙂

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 10 September 2013, 12:21 am
  5. Terimakasih mb

    Posted by ajeng | 22 Mei 2014, 10:01 pm
  6. Bedanya belly dance fusion dengan tribal fusion apa ya? Thk

    Posted by Dewi ks | 10 Juli 2014, 6:37 am
    • Fusion berarti penggabungan akan 2 hal yg berbeda.

      Di bellydance (kita melihat mksd pertanyaannya adalah mengacu pd bellydance timur tengah ya) unsur fusion dimaksudkan menggabungkan (kombinasi) unsur tarian lain kedlm bellydance, sebut saja flamenco, samba, bahkan hip hop utk konteks modern.

      Sedangkan utk tribal fusion merupakan penggabungan gerakan american tribal style dgn unsur tarian lain. Ada yg memasukkan unsur folkloric, dan ada juga yg memasukkan unsur kontemporer dan modern style.

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 10 Juli 2014, 8:24 am
  7. Wah artikel yg sangat bermanfaat
    Terimakasih banyak

    Posted by Aima | 17 Agustus 2014, 8:52 pm
  8. Makasih artikelnya,,, saya baru ikut kelas bellydance di tasikmalaya mba,,, belum tanya2 juga apakah instrukturnya tersertifikasi cumaan dr artikel ini aku yakin instuktur saya memiliki ilmu yg cukup dr paparan teknik pose utama betuk dan selama sebulan ini latihan sama sekali ngga ngerasa ada sakit2, yang mau saya tanyakan kalau sedang program hamil, gerakan bellydance bisa mempengaruhi kehamilan ngga ya? Suami saya takut gerakannya bisa membahayakan untuk mencegah kehamilan, trmkh

    Posted by novia | 27 November 2014, 1:48 pm
    • Hi mba Novia, untuk mengganggu atau bahkan membantu untuk cepat hamil blm pernah ada pembuktian secara ilmiah. Namun gerakan2 tehnik bellydance pada otot perut (pada tehnik yt benar dan bukan asal2an) justru membantu menguatkan otot perut dan cenderung menguatkan otot rahim. Bellydance sendiri sudah banyak dipakai sebagai salah satu alternatif senam ringan utk ibu hamil (dengan tehnik yg mengalami perubahan demi kenyamanan si ibu dan kesehatan kondisi janin (yang tidak membahayakan). Ditambah utk ibu hamil beberapa gerakan bellydance justru mampu membantu proses kelahiran dan jg memberikan pijatan lembut pada janin. Namun banyak juga gerakan2 tehnik di bellydance yang amat sangat tidak direkomendasi, walau belum pernah dikabarkan adanya keguguran akibat aktiftas bellydance. Bahkan penari2 professional dunia mereka tetap mengajar dan menari disaat mereka sedang dalam masa kehamilan

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 8 Juni 2015, 5:59 am
    • Maaf ya kita baru update blog kita. Pasti skrg anaknya sudah lahir ya… Untuk info saja bahwa ibu hamil bisa ikut kelas bellydance dengan gerakan terbatas. Pastikan gurunya paham gerakan2 mana yg berbahaya dan tidak utk ibu hamil

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 18 Agustus 2016, 11:28 pm
  9. Kalo di Surabaya dimana ya?

    Posted by Niken | 2 Mei 2015, 1:08 am
  10. aduh info Bandung dimana ya? kalo ada yang tahu kabarin saya dong pengen banget belajar tari ini (bukan yang mix dengan fitness yah)

    Posted by Flying Hippongie | 1 Juni 2015, 9:54 pm
  11. Hai kakak aq tuh dr dulu pengeeeenn bgt bisa belly dance tp kebanyakan sanggar belly dance di dket tmpat tinggal aq yg ngajarnya cuma nyontohin gerakan tp dy g bisa jwb pertanyaan dr muridnya misalnya klo lg hip twist posisi pinggul nya yg bner ky gmana……..dy blg ya yg ky saya contohin…..klo dibogor kakak tw g sanggar yg gurunya bner2 ngeeti dan faham belly dance????

    Posted by srie | 18 Mei 2016, 10:17 pm

Drop Your Tribal Comment Here

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

VISITOR

free counters

Statistik Blog

  • 57,150 hits

Facebook

Ocehan

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 180 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: