//
you're reading...
bellydance, Dance, tribal babes indonesia

Tips Memperbaiki dan Memperdalam Tehnik Menari Saat Di Luar Kelas

Kali ini aku terpikir untuk membagikan beberapa tips yang pernah aku gunakan untuk memperbaiki dan memperdalam tehnik-tehnik bellydance yang aku pelajari selama ini. Hal ini dikarenakan kuantiti pertemuan dengan instruktur yang membimbing kita di sebuah kelas tari terbilang kurang dari cukup. Ada beberapa studio tari yang hanya memberikan kelas 2 kali dalam seminggu, malah ada yang hanya 1 kali dalam seminggu. Sudah tentu kuantiti pertemuan yang sangat sedikit tersebut bisa dibilang agak menghambat lajunya perkembangan tehnik seseorang yang sedang dalam tahap belajar tehnik dasar.

Selain hal di atas, kadang aku melihat beberapa murid sepertinya bingung dan tidak menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan tehnik yang sedang dipelajarinya….

Saran yang paling umum (layaknya belajar disebuah sekolah umum) adalah mengulang kembali di rumah segala pelajaran/tehnik yang diberikan “guru” di kelas atau istilah lain dengan “mengerjakan PR dirumah”. Namun saran tersebut tidaklah selalu efektif, apalagi jika ada seorang murid yang kesulitan dalam mengulang sendiri “pelajaran” yang diberikan tanpa adanya bimbingan dari pengajar.

Dibawah ini aku mencoba berbagi hal-hal yang mungkin bisa di coba dirumah untuk mempertajam tehnik yang sudah diberikan instruktur di kelas kamu :

1. Biasakanlah mencatat apa yang diberikan oleh instruktur di kelas
Mencatat tehnik-tehnik yang diberikan bisa dilakukan setelah kelas selesai (jangan saat kelas berlangsung karena akan mengganggu konsentrasimu untuk tetap fokus dengan arahan instruktur). Tanyakan kembali tehnik yang kamu belum paham dan coba tuliskan kembali dengan gaya bahasa yang benar-benar bisa kamu mengerti untuk diri kamu sendiri, sehingga saat kamu mencoba tehnik tersebut di rumah sambil membaca catatanmu maka akan mudah bagimu menggambarkan gerakan-gerakannya.

**Mencoba tehniknya sambil membaca catatanmu sebagai arahan

 

 

 

 

 

2. Cari referensi tehnik yang diberikan instruktur di dunia maya
Terkadang kita kesulitan mengikuti arahan yang diberikan sang instruktur. Ada beberapa gerakan yang terasa sulit kita ikuti apalagi saat kita berusaha untuk memastikan bahwa gerakan kita bisa persis sama dengan gerakan si instruktur. Yang harus di catat untuk hal ini adalah : Tidak semua manusia memiliki tubuh yang sama!

Maksud dari tulisanku di atas adalah setiap orang memiliki kelenturan yang berbeda-beda, memiliki sela yang berbeda-beda, dan memiliki cara yang berbeda-beda dalam mempraktekkan sebuah gerakan, namun dengan latihan yang rutin akan menghasilkan gerakan tehnik yang sama. Dengan segala perbedaan bentuk tubuh dan cara tubuh memahami gerakan maka setiap orang akan memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa menggerakkan sebuah tehnik. Dan disinilah kamu bisa mencari referensi video-video tehnik di dunia maya yang mengajarkan tehnik yang kamu butuhkan dengan cara yang berbeda-beda.

**Tidak semua murid mampu menangkap maksud dari apa yang disampaikan instruktur dan tidak semua instruktur mampu menjelaskan sejauh yang dibutuhkan murid

 

 

 

3. Biasakan mengulang tehnik-tehnik yang diberikan di iringi dengan musik yang berbeda-beda
Terkadang ada murid-murid yang mempelajari beberapa tehnik merasa HARUS menggunakan musik yang sama dengan yang digunakan oleh instrukturnya saat di kelas, sehingga seringkali mereka membuang waktu dengan meminta-minta musik yang dimiliki instruktur mereka. Satu saran dari aku mengenai hal ini : STOP terpaku dengan musik yang sama!

Eksplorasi gerakan kamu menggunakan berbagai macam musik yang kamu punya, selama musik tersebut memiliki tempo yang bisa kamu ikuti dengan tehnik yangs edang kamu pelajari. Dengan membiasakan diri mendengarkan berbagai macam musik (kalaupun itu harus musik arabian/timur tengah, pastikan berbagai macam musik dan lagu), maka secara tidak sadar kamu akan mengeksplorasi 1 tehnik menjadi berbagai macam variasi. Sebagai contoh paling mudah adalah : Sebuah gerakan hip drop bisa kamu aplikasikan dengan tempo yang berbeda-beda mengikuti tempo musik yang kamu dengar, dari musik bertempo pelan hingga cepat. Jangan membatasi telinga kamu hanya dengan jenis musik yang sama.

Selain hal di atas, secara sadar ataupun tidak, dengan membiasakan berlatih dengan jenis musik yang berbeda-beda akan membuat kamu semakin mengerti gerakan yang kamu pelajari dan bagaimana menarikannya dalam bermacam-macam musik.

 

 

 

4. Biasakan merekam kegiatan latihanmu dengan video
PENTING! Aku tulis ‘penting’ di awal karena kebiasaan merekam dirimu berlatih adalah sangat penting untuk merevisi apa yang menjadi kekurangan kamu. Berlatih di depan kaca terkadang tidak cukup. Banyak sekali yang tidak sadar mengalami “tipuan-tipuan” cermin saat berlatih. Aku sebut tipuan karena banyak yang merasa sudah melakukan gerakan yang baik saat berlatih sambil bercermin, namun saat merekamnya ke dalam video dan melihat hasilnya maka akan terlihat bahwa gerakan yang dibuatnya jauh dari apa yang dia harapkan dan jauh berbeda dari apa yang dia lihat di cermin.

Jadi jangan sungkan atau malu apalagi malas untuk merekam dirimu sendiri saat berlatih dirumah. Dengan sering melakukan ini maka kedepannya kamu akan mampu “melihat” gerakan mana yang lebih baik dan mana yang tidak sesuai, saat kamu menari di depan umum😉

 

 

5. Jangan merasa cepat puas dan terima kritikkan
Jika cara-cara nomer 1 hingga 4 sudah kamu coba dan kamu merasa sudah mendapatkan hasil yang sempurna, jangan berpuas diri dulu. Tunjukkan hasil kerja kerasmu kepada instruktur pembimbingmu dan minta pendapat dan nasehat untuk perkembangan tehnik yang kamu kuasai. Apapun nasehat maupun kritikkan yang terlontar jangan membuat kamu kecil hati, tapi jadikan semangat untuk memperbaiki diri.

Apabila isntruktur pembimbing kamu merasa kamu sudah lebih dari cukup bahkan terbilang sempurna di matanya, cari pendapat lain sehingga kamu menemukan kritikkan baru mengenai tehnik yang kamu pikir sudah kamu kuasai, dan kamu siap untuk kembali belajar dan menyempurnakan tehnik yang kamu pelajari sehingga kamu akan benar-benar paham bagaimana menggerakkan tehnik tersebut. Bahkan kamu akan bisa menemukan beragam cara lain untuk bisa melakukan satu gerakan tehnik saja. Jadi yang berkembang bukan hanya tehnikmu tetapi juga wawasanmu akan penguasaan sebuah tehnik. Aplikasikan cara yang sama untuk tehnik yang berbeda-beda.

**********

 

 

Ok, sepertinya sementara ini tips yang aku bagikan cukup sampai disini. Mungkin bagi sebagian kamu tips di atas adalah hal-hal sepele (tapi apa pernah kamu coba?). Mungkin bagi sebagian lainnya berat, ribet, rumit, rempong atau apalah istilahnya. Semua kembali ke diri kamu sendiri, mau terbuka atau tidak pemikirannya? Mau berusaha atau tidak? Mau berkembang atau tidak? Itu pilihan kamu, bukan aku🙂
Akhir kata : Selamat Berlatih!!

– Desi –

About Tribal Babes Indonesia

We are the First and Pioneer of Tribal Bellydance Troupe (and community) in Indonesia. We are also the pioneer of Tribal Bellydance event in Indonesia

Diskusi

2 thoughts on “Tips Memperbaiki dan Memperdalam Tehnik Menari Saat Di Luar Kelas

  1. jadi…. hasil gerakkan yang ada di cermin itu cuma tipu daya…

    berarti gerakkan di video itu lebih asli dari pada di cermin…. ???

    Posted by Vikri juniawan | 6 September 2013, 2:31 pm
    • Hai vikri, coba di baca kembali penjelasan di atas pelan-pelan. Pernah merekam tarian dirimu sendiri di video? Hasilnya sama dengan apa yang dilihat di cermin?
      Ok logika yang paling mudahnya adalah seperti ini :

      Saat kita menari/berlatih di depan cermin kita hanya bisa melihat 1 SISI tubuh kita dan mata kita pun hanya bisa fokus melihat 1 GERAKAN dari 1 BAGIAN tubuh secara bergantian dan tidak bisa fokus melihat keseluruhan gerakan sekaligus. Dengan merekam via video kita mampu melihat SEMUA SISI gerakan-gerakan tubuh kita, baik saat kita sedang berputar, atau sedang mengarahkan badan/mata ke arah lain yang tidak satu arah dengan cermin. Sehingga rekaman di video bisa memberikan hasil TAMPILAN secara keseluruhan, apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki, dan apa yang sudah baik. Dan kita tidak pernah menulis GERAKAN DI VIDEO LEBIH ASLI DARIPADA DI CERMIN.

      Di coba dulu ya seperti apa, lalu lihat hasil yang kita maksud.

      Selamat mencoba🙂

      Posted by Tribal Babes Indonesia | 10 September 2013, 12:06 am

Drop Your Tribal Comment Here

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

VISITOR

free counters

Statistik Blog

  • 57,150 hits

Facebook

Ocehan

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 180 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: